Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah

Dzikir pagi dan petang sesuai sunnah ini merupakan dzikir yang dianjurkan untuk senantiasa diamalkan. Bahkan tertuang dalam Al-Qur`an Surat Al-Ahzab ayat 41 sampai 42:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا , وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Segala sesuatu yang dianjurkan langsung oleh Allah SWT pasti memiliki maksud dan tujuan tertentu. Maka, akan banyak manfaat dan keberkahan yang akan kita dapatkan jika kita mengamalkannya. Mari kita telaah apa saja manfaat, kapan waktu yang dianjurkan untuk membacanya, dan doa apa saja yang sebaiknya dibaca.

Manfaat Rutin Membaca Dzikir Pagi dan Dzikir Petang

Dipahami dari makna yang terkandung dalam setiap bacaan doa-doanya. Maka, setidaknya terdapat 4 manfaat yang akan kita dapatkan jika kita rutin mengamalkan membaca dzikir di waktu pagi dan petang ini. Yaitu:

Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Dzikir adalah ibadah yang langsung ditujukan kepada Allah SWT. Doa-doa yang terkandung di dalamnya pun senantiasa mengingatkan kita pada kebesaran-Nya, kasih sayang-Nya, dan sifat-sifat mulia-Nya. Salah satu doa yang menjadi favorit saya adalah sebagai berikut:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، أَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ

See also  Resume Gelanggang Inspirasi Founder Kampung Komunitas Ibu Profesional

Wahai Rabb Yang Maha hidup, Wahai Rabb Yang Maha berdiri sendiri (tidak butuh segala sesuatu) dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan (urusanku) kepada diriku sendiri meskipun hanya sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dari-Mu).”

Bahwa jangan sampai Allah SWT meninggalkan kita sendiri baik senang maupun susah. Karena apapun yang terjadi di dunia ini atas kehendak-Nya, maka dekat dengan-Nya akan membuat hidup lebih mudah dan bermakna.

Senantiasa Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Tidak ada yang bisa melindungi kita sebaik Allah SWT. Kadang, kita menyebutnya mukjizat atau keberuntungan. Namun, sejatinya semua berasal dari Allah SWT. Dulu, saya rutin membaca dzikir di waktu pagi dan petang untuk menghindari gangguan jin, iblis, setan, dan sekutunya. Sebab beberapa kali mengalami kejadian mistis. Namun, mendalami makna-Nya, ternyata tentu saya membutuhkan perlindungan dari gangguan manusia juga. Pun terutama dari kedzaliman diri sendiri.


اَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرُّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

“Ya Allah Yang Mahamengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb Pencipta langit dan bumi, Rabb atas segala sesuatu dan Yang Merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, syaitan dan ajakannya menyekutukan Allah (aku berlindung kepada-Mu) dari berbuat kejelekan atas diriku atau mendorong seorang muslim kepadanya.”

Dipenuhi Rasa Syukur dan Ketetangan Jiwa

Sebagai manusia biasa, maka wajar jika kita masih mengkhawatirkan masa depan. Padahal, kita sudah tahu bahwa semua yang terjadi pada diri kita sejatinya sudah dijamin oleh Allah SWT. Kita tinggal berikhtiar dengan cara yang baik dan benar sesuai tuntunan-Nya. Namun, terkadang ada rasa putus asa yang mendera. Dan, Maha Baik Allah SWT karena sudah memberikan jawaban dari gundah gulana hati kita.

See also  Worksheet Kognitif Visual untuk Anak TK

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Yaa Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tentramkan-lah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri dan dari atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (aku berlindung dari dibenamkan ke dalam bumi).”

Dijanjikan Surga-Nya

Dalam sebuah hadist, Rasullualh SAW bersabda bahwa Allah SWT menjanjikan surga bagi siapa pun yang rutin mengamalkan dzikir di waktu pagi dan petang.

“Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

Waktu yang Dianjurkan untuk Membaca Dzikir Pagi dan Dzikir Petang

Terdapat khilaf tentang waktu yang dianjurkan dan batasan waktu untuk membaca dzikir ini. Namun, dilansir dari situs rumaysho yang menyadur dari beberapa kitab. Maka, disimpulkan bahwa waktu yang dianjurkan untuk membaca dzikir pagi adalah dimulai dari waktu terbit fajar (shubuh) hingga waktu zawal (matahari tergelincir ke barat) atau waktu dzuhur. Sedangkan dzikir petang dimulai dari waktu terbenamnya matahari (magrib) hingga pertengahan malam (batas waktus sholat isya).

See also  2 Cara Mudah Mendapatkan Uang Baru Pecahan 75.000 Edisi Khusus BI

Waktu yang cukup panjang ini semoga memampukan kita untuk mengamalkannya. Karena kita bisa membacanya di sela-sela kesibukan atau setelah sholat. Semoga dengan ini Allah SWT membersamai setiap langkah kita. Menjadikan hidup kita lebih berkah dan bahagia dunia dan akhirat. Aamiin.

Download GRATIS Dzikir Pagi dan Dzikir Petang Sesuai Sunnah

Untuk memudahkan kita membaca dzikir, maka saya membuat versi pdf yang bisa kita baca di smartphone atau bisa juga jika ingin dicetak. Semoga panduan dzikir ini bermanfaat. Silakan jika ingin dibagikan, namun bukan untuk diperjual-belikan ya! Klik link di bawah ini:

Link Download Panduan Dzikir Pagi & Petang Sesuai Sunnah

Jika berkenan, silakan tag instagram kami @makarame atau Tiktok kami @makarame kalau sudah download ya. Share artikel ini dan ajak teman-teman yang lainnya untuk download juga di sini. Terima kasih. Semoga bermanfaat!

Teman-teman juga bisa download materi pembelajaran lain secara gratis di Materi Printable GRATIS Makarame.