fbpx

Tutorial Membuat Anatomi Tangan Sederhana dari Kertas

Masa anak-anak adalah masa bermain. Kali ini makmin ingin berbagi tentang tutorial membuat anatomi tangan sederhana dari kertas untuk bermain di rumah. Permainan ini sangat cocok untuk membantu anak mengenal bagian tubuhnya. Sekaligus mengajarkan berhitung kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Juga mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Selain itu, dapat juga sebagai sarana mengenalkan sifat Allah SWT sebagai Sang Pencipta (Al Khaliq) yang tercantum pada QS Al-Hasyr Ayat 24.

Alat dan Bahan Anatomi Tangan Sederhana dari Kertas

  • Kertas BC warna
  • Pulpen/pensil
  • Gunting
  • Sedotan
  • Tali
  • Isolasi Bolak Balik (double tape)

Cara Membuat Anatomi Tangan Sederhana dari Kertas

  • Gambar telapak tangan anak di kertas BC menggunakan pulpen/pensil. Jika usia anak sudah memungkinkan, sekitar 3-4 tahun, biarkan anak menggambar sendiri agar melatih kemampuan motorik halusnya juga kemampuan berkosentrasi.
  • Minta anak untuk menggunting sesuai pola. Anak akan berlatih konsentrasi, sabar, dan meningkatkan kemampuan motorik halusnya.
  • Gunting dan tempel double tape sesuai jumlah ruas jari, telapak tangan, dan tangan. Di sini kita bisa mengajarkan anak tentang berhitung dan konsep ukuran panjang pendek dari ruas jari, telapak tangan, dan tangan.
    • Kelingking: 3 ukuran pendek untuk ruas jari ditambah 1 ukuran panjang menuju telapak tangan.
    • Jari Manis, Tengah, dan Telunjuk: 3 ukuran pendek untuk ruas jari ditambah 1 ukuran panjang menuju telapak tangan.
    • Ibu Jari/Jempol: 2 ukuran pendek untuk ruas jari ditambah 1 ukuran panjang menuju telapak tangan.
    • Tangan: 1 ukuran sedang disusaikan panjang tangan.
  • Gunting sedotan sesuai ukuran double tape, lalu tempel di masing-masing ruas jari, telapak tangan, dan tangan. Kenalkan sedotan ini sebagai tulang.
  • Masukkan tali warna-warni ke dalam sedotan masing-masing ruas jari sesuai ukuran. Buat simpul di ujung atas ruas jari. Kenalkan tali-tali ini sebagai otot yang menggerakkan tulang-tulang.
See also  5 Persiapan Toilet Training Bayi 6 Bulan

Cara Bermain Anatomi Tangan Sambil Tadabur QS Al-Hasyr Ayat 24

  • Tarik ujung-ujung tali di tangan bawah untuk memainkannya. Sambil kita kenalkan bahwa Allah-lah yang menciptakan (Al-Khaliq) tangan kita. Allah Maha Pencipta (Al-Khaliq), menciptakan dengan sangat detail. Mulai dari jumlah jari, tulang, otot, hingga daging dan kulit yang membungkusnya. Maha Besar Allah (Al Kabiir) dengan segala penciptaannya. Kita tarik masing-masing jari sambil belajar berhitung. Bisa hitungan sederhana, bisa pengurangan atau penambahan.
  • Allah juga Maha Pembentuk Rupa (Al Musawwir). Kita perlihatkan bahwa 5 jari yang kita miliki saja bentuk dan ukurannya sudah berbeda-beda. Mulai dari kelingking, jari manis, tengah, telunjuk, dan jempol semua memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Dan semua itu pasti ada fungsinya. Kemudian bisa kita gerakkan semua tali untuk mengenggam suatu barang.
    • Lalu ambil tangan kita dan tunjukkan pula bahwa sidik jari setiap orang berbeda-beda. Allah sudah mempertimbangkan secara matang sehingga sidik jari ini bisa untuk mengenali/mengidentifikasi seseorang. Oleh sebab itu, saat kita dewasa dan membuat dokumen seperti KTP, SIM, dan lain-lain, kita diminta untuk cap sidik jari.
  • Kita kenalkan betapa Allah sangat menyayangi hamba-Nya. Kita perlu bersyukur karena jari-jari kita lengkap. Bayangkan jika kita hanya 3 jari, kita akan sulit mengenggam, makan, menulis, dan lain-lain. Kita syukuri sifat Allah yang Maha Mengadakan (Al-Barii). Dengan kemurahan hati-Nya, jari-jari kita diadakan secara lengkap dan berfungsi dengan baik. Pun dengan daging dan kulit kita, jika tidak ada daging dan kulit untuk membungkusnya. Bayangkan tangan kita hanya tulang, pasti menyeramkan bukan?
  • Nah, semua itu wajib kita syukuri ya, Kak/Dek. Dan, tahukah kamu bahwa Allah sudah mengajak kita berkenalan melalui Al-Qur`an Surat Al-Hasyr Ayat 24? Allah keren ya! Tinggal kita mau baca atau tidak. Kakak/Adek penasaran nggak sama cara berkenalan Allah? Kita baca bareng-bareng yuk!
See also  4 ON Penting dalam Motivateens

QS Al-Hasyr Ayat 24

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ

Dialah Allah Yang Menciptakan ( الخالق), Yang Mengadakan (الْبَارِئُ), Yang Membentuk Rupa (Al Mushawwir المصور), Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa (الْعَزِيْزُ), Mahabijaksana (الْحَكِيْمُ).

  • Kemudian, kita lanjutkan bermain dengan bebas. Sambil sesekali kita ulang Asmaul Husna dan menyebut berulang kedudukan Surat Al-Hasyr Ayat 24.
  • Tanyakan pada anak apakah mudah atau sulit membuat anatomi tangan ini? Lalu lanjutkan dengan menyebutkan kebesaran Allah SWT yang menciptakan semua tangan manusia di dunia ini. Jika membuat 1 anatomi tangan saja kita sudah membutuhkan waktu beberapa menit, bagaimana dengan Allah SWT? Sesuatu yang tidak bisa kita tandingi bukan? Allah Sang Maha Pencipta memiliki cara-Nya tersendiri yang manusia tidak ketahui. Masya Allah.

Fitrah yang Dikembangkan dari Permainan Tutorial Membuat Anatomi Tangan

FITRAH PERKEMBANGAN
Aira 4 Tahun 9 Bulan (Pra Latih)
Mengokohkan dan Merawat Melalui Imaji Positif dan Kecintaan Keluarga
KEIMANANTauhidMengenalkan Allah sebagai Sang Pencipta dan Maha Pemberi Bentuk. Aira mengatakan bahwa membuat 1 tangan saja capek, Allah menciptakan banyak tangan. Allah hebat ya!
BELAJAR DAN BERNALARLogis – MatematisMenghitung jumlah jari tangan, ruas jari, dan otot-otot. Memahami bagaimana tangan bisa digerakkan.
Naturalis
Spasial – VisualMembuat pola tangan dari tangannya sendiri.
BAKAT DAN KEPEMIMPINANMengapresiasi kemampuan anak dengan label positifAira Sang Creator Tangan Robot
SEKSUALITAS DAN CINTAMemahami jenis kelamin dan peran seksualitasWanita suka berhias (saat membahas kutek kuku), tetapi tidak untuk pria. Pria tidak boleh menyerupai wanita, begitu juga sebaliknya.
ESTETIKA DAN BAHASASeniKerapian dalam menggambar dan menggunting pola tangan.
Verbal – LinguistikBercerita fungsi tangan, bermain peran robot, dan lain-lain.
INDIVIDUALITAS DAN SOSIALITASIntrapersonalMenyadari bahwa apa yang di dalam diri kita semua adalah ciptaan Allah SWT. Bersyukur dengan cara merawat tangan dengan baik adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT.
InterpersonalTidak memukul atau mencubit tangan teman adalah salah satu cara kita menjaga ciptaan Allah SWT.
JASMANISensorikPenglihatanMengenal warna
PendengaranMemahami instruksi
PerabaTekstur alat dan bahan
Penciuman
Pengecap
MotorikHalusMenguatkan otot tangan melalui menggambar, menggunting, menempel
Kasar

Teman-teman bisa melakukan improvisasi lainnya. Semoga tutorial membuat anatomi tangan sederhana dari kertas ini bermanfaat. Sampai jumpa di ide bermain lainnya! Ditunggu ide, masukan, dan diskusi lainnya di kolom komentar!

See also  Cara Membuat Roti Boy
Views: (35)