fbpx

Pergantian Siang dan Malam

Penjelasan pergantian siang dan malam menggunakan alat peraga sederhana ini bisa dipraktekkan di rumah bersama anak. Berawal dari pillow talk tentang matahari terbit dan tenggelam bersama Aira. Munculah ide membuat alat peraga pergantian siang dan malam sederhana. Dalam imajinasi anak, matahari tenggelam itu berarti mataharinya jatuh. Maka, hal ini perlu segera diluruskan bahwa konsep matahari terbit dan tenggelam itu karena adanya rotasi bumi. Bagi seorang balita, penjelasan teori bisa jadi akan sulit diterima. Oleh sebab itu, alat peraga ini sangat membantu. Sekaligus untuk tadabbur QS Yasin ayat 38-40. MasyaAllah!

Alat dan Bahan Pergantian Siang dan Malam

Alat dan bahan yang kami gunakan sangat sederhana karena semua bisa ditemukan di rumah. Yaitu:

  • Roll kabel dan dudukan lampu untuk matahari.
  • Styrofoam bekas mesin cuci untuk orbit bumi.
  • Bola mainan sebagai bumi.
  • 2 tutuo botol, kawat bulu, dan kardus untuk sumbu bumi.
  • Kertas dan kawat bulu untuk bulan.

Cara Bermain Pergantian Siang dan Malam

  • Kita mulai dengan bercerita tentang ciri-ciri siang dan malam sesuai pemahaman anak. Aira seringkali mendengar jika pada pagi hari, matahari akan terbit sehingga bumi menjadi terang. Sedangkan malam, matahari terbenam sehingga menjadi gelap. Namun, konsep matahari tenggelam ini diartikan mataharinya jatuh, maka di awal permainan, langsung saya jelaskan tentang rotasi bumi.
  • Bumi berotasi atau berputar pada sumbunya sehingga bagian bumi akan bergantian terkena sinar matahari. Pertanyaan tak terduga: Aira bertanya perpindahan posisi matahari dari pagi, siang, dan sore bagaimana. Saat bumi berputar, di bagian bumi mana yang mengalami waktu pagi, siang, dan sore. Sedangkan alat peraganya tidak bisa begitu jelas memperlihatkan. Menjadi PR lagi bagi bundanya. Hehe
  • Perlahan saya perkenalkan kepada Aira bahwa pergantian siang dan malam, orbit bumi, bulan, dan matahari ternyata sudah dijelaskan Allah SWT di Al-Qur`an. Lalu saya putarkan QS Yasin ayat 38-40 beserta artinya.
See also  Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak yang Mengalami Body Shaming

Aspek Perkembangan Fitrah Anak

FITRAH PERKEMBANGAN
Aira 4 Tahun10 Bulan (Pra Latih)
Mengokohkan dan Merawat Melalui Imaji Positif dan Kecintaan Keluarga
KEIMANANTauhidAllah SWT adalah Mahapengatur alam semesta. Allah SWT sebagai Mahapencipta tentu paling paham dengan ciptaanya. Termasuk pergantian siang dan malam ini juga sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah SWT.
BELAJAR DAN BERNALARLogis – MatematisAira belajar sedikit tentang jam/waktu kapan matahari terbit dan terbenam. Misal, matahari terbit pada pukul 6 pagi dan mulai terbenam pada pukul 6 sore.
NaturalisAira belajar tentang benda langit yaitu, bumi, bulan, matahari, bintang, dan awan.
Spasial – VisualAira belajar tentang posisi matahari, bumi, dan bulan. Juga belajar tentang orbit dan sumbu bumi. Saat bermain matahari, dia juga sekaligus belajar tentang bayangan. Membuat beberapa bentuk bayangan dari tangan.
BAKAT DAN KEPEMIMPINANMengapresiasi kemampuan anak dengan label positifMemperkenalkan sedikit profesi astronot. Bahwa saat ini sudah ada pesawat luar angkasa yang bisa membawa orang ke bulan, menembus langit, dan melihat bumi serta planet dari atas langit. Aira suatu saat bisa menjadi astronot.
SEKSUALITAS DAN CINTAMemahami jenis kelamin dan peran seksualitas
ESTETIKA DAN BAHASASeniBelajar membuat susunan sumbu bumi dan bulan, orbit bumi, dan matahari.
Verbal – LinguistikAira mulai paham bahwa matahari terbenam/tenggelam itu bukan mataharinya jatuh. Tetapi karena bumi berotasi, maka bagian bumi yang terkena sinar matahari menjadi siang. Sedangkan yang tidak terkena sinar matahari sedang malam. Matahari terbit dan terbenam hanyalah istilah.
INDIVIDUALITAS DAN SOSIALITASIntrapersonalMelatih Aira untuk mandiri bermain sendiri agar lebih paham. Pada akhirnya Aira mendapatkan permainan baru, yaitu membentuk bayangan dengan badan dan tangannya.
InterpersonalSaat ada permainan baru, pasti Aira antusias untuk memainkannya. Tetapi dia harus paham untuk bergantian, bunda terlebih dahulu sambil mendengarkan penjelasan. Setelah itu, gantian Aira yang memainkannya dalam waktu tertentu.
JASMANISensorikPenglihatanMengenal bagian bumi terang adalah siang. Bagian bumi yang gelap adalah malam.
PendengaranMemahami instruksi untuk memutar bumi dari arah barat ke timur.
PerabaMemahami bahwa matahari itu panas (didekatkan tangannya ke lampu).
Penciuman
Pengecap
MotorikHalusMengembangkan kemampuan otot tangan melalui kreasi penyusunan bumi dan bulan.
Kasar
KinestetikKoordinasi antara fisik dan pikiran

Disclaimer: penilaian aspek perkembangan fitrah anak di atas didasarkan pada pengetahuan saya secara pribadi. Sangat menerima masukan dan koreksi jika terdapat kekurangan.

See also  Pokok-pokok Pendidikan Seks pada Anak