fbpx

Eksplorasi Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning Karanganyar di Kebun Teh Gunung Lawu

Serunya Aira mengeksplorasi Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning. Bagi yang suka memicu adrenalin, Jembatan Kaca ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata. Hamparan kebun teh di sekelilingnya sangat cocok untuk healing. Kesan Aira saat makmin ajak ke sini, dia bilang seru, takut, deg-degan, kaki gemetar, tapi nagih! Jembatan Sky Hills Kemuning Karanganyar ini baru selesai seperempatnya dari panjang total yang direncanakan 150 meter. Wow! Apakah AyBun berani mencoba?

Lokasi Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning

Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning berada di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Jembatan Kaca ini berada di kawasan Kebun Teh Kemuning yang menyajikan pemandangan luar biasa. Sangat cocok untuk healing mencari udara segar dengan keluarga tercinta.

Penting untuk diperhatikan kondisi kendaraan dan juga personil yang mengemudikannya. Dikarenakan jalannya sempit, berkelok, dan menanjak. Sehingga, diharuskan semuanya dalam kondisi yang baik dan optimal.

Panjang Jembatan Kaca & Ketahanan Kaca Menyangga Beban

Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning direncanakan akan memiliki panjang 150 meter. Sedangkan saat kami berkunjung ke sana pada hari Jumat 27 Januari 2023, pembangunan baru mencapai seperempatnya atau kurang lebih 35 meter. Bagi yang menyukai wisata pemicu adrenalin, silakan menunggu hingga pembangunan rampung. Tetapi, bagi yang ingin melakukan pemanasan, boleh dicoba terlebih dahulu. Terutama yang ingin mengajak anak-anak atau orang tua. Karena pengalaman makmin kemarin, saat mengajak Aira (5 tahun) dan rombongan emak-emak (45 tahun ke atas), mereka sudah merasa ngeri pada saat kembali ke pintu masuk (kurang lebih pulang pergi menjadi 50 meter). Meskipun Aira menjadi ketagihan juga. Ingin mencoba lagi dan lagi. Hehe

See also  Doa Belajar dan Ilmu yang Bermanfaat

Hembusan angin di Jembatan Kaca yang kencang ikut memberikan pengalaman luar biasa. Terutama yang takut ketinggian. Saat kita melihat ke bawah dan terkibas angin besar, seolah rasanya ingin melayang. Namun, ketenangan muncul pada saat kami berbincang dengan mandor konstruksi. Jembatan menggunakan besi dan baja peyangga yang kokoh. Tiang pondasi pun dibuat dengan kedalaman 9 meter sehingga tidak rawan longsor meskipun dibangun di medan yang miring. Kaca yang digunakan pun kuat menahan beban hingga 2 ton, sehingga aman untuk digunakan secara bersamaan.

Jadwal & Harga Tiket Masuk

Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tetapi, setiap hari jumat ada 1 jam istirahat selama Sholat Jumat. Namun, tidak perlu kecewa karena kita bisa menikmati arena lainnya, yaitu Bukit Teletubbies dan Kebun Teh di sekelilingnya. Atau bisa kita manfaatkan untuk istirahat, sholat, dan makan selama menunggu. Bagi pengunjung laki-laki, ada masjid di desa terdekat yang bisa dikunjungi. Dan, pada saat masuk tidak perlu membayar lagi. Asalkan kita konfirmasikan terlebih dahulu ke bagian tiket.

Harga tiket per orang yaitu, Rp 10.000 dan sudah bisa menikmati semua arena. Mulai dari selfie di Jembatan Kaca, Bukit Teletubbies, dan Kebun Teh. Sedangkan parkir mobil yaitu Rp 5.000. Menurut makmin, harga ini cukup terjangkau. Dan, harga makanan di sana pun juga masih terjangkau. Semoga seterusnya begini agar tempat makan tetap ramai.

Manfaat Mengajak Anak Eksplorasi Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning

Menambah Wawasan Wisata Alam

Bagi Aira yang memiliki karakter slow to warm, wisata alam ini sangat penting untuk mengembangkan wawasan dan keberaniannya mencoba hal baru. Wisata Jembatan Kaca dan Kebun Teh di Sky Hills Kemuning Karanganyar ini merupakan pengalaman pertama bagi Aira. Kesan pertama Aira mencoba Jembatan Kaca adalah seru, takut, deg-degan, kaki gemetar, tapi nagih!

See also  Tutorial Cara Membuat Amplop Angpao Lebaran Menggunakan Kertas Origami

Aira juga sangat antusias dengan pohon teh yang dia temui. Karena selama ini dia melihat teh dalam bentuk kering dan tidak menyangka bahwa teh terbuat dari daun hijau yang segar. Baunya pun sangat berbeda dengan teh yang biasa dia seduh atau temui. Sungguh menyenangkan wisata alam kali ini. Karena Aira mendapat banyak belajar dalam satu kali perjalanan.

Mengajarkan Anak Tentang Teknologi dan Konstruksi Bangunan

Karena kebetulan wisata Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning ini masih dalam proses pembangunan, Aira jadi belajar banyak hal pula tentang pembangunan. Rasa penasaran Aira dimulai dari pertanyaan “Apakah kacanya kuat dan tidak rawan pecah?” dan terjawab langsung oleh tukang yang ada di sana. Bahwa kaca yang digunakan merupakan kaca tempered glass khusus sebanyak 3 lapis yang kuat menahan beban berat hingga 2 ton. Pun, saat terjadi kerusakan, tidak langsung pecah seperti kaca yang biasa Aira jumpai di rumah.

Mengasah Kemampuan Sensorik & Motorik Anak

Kemampuan sensorik berhubungan dengan perkembangan indera tubuh berupa indera peraba, penglihatan, penciuman, dan pendengaran. Indera peraba yang terstimulus pada saat bermain di Sky Hills Kemuning adalah sentuhan pada kaca, besi, rumput sintetis, rumput jepang, dan struktur daun teh. Indera penglihatan yang berkembang pada Aira saat wisata adalah kemampuan melihat jarak jauh dimana Aira saat itu mendeteksi adanya laut yang ternyata adalah Waduk Gajah Mungkur. Lalu melihat banyak objek yang ada di alam, mulai dari pohon, gunung, alam, dan lain-lain. Pertanyaan seru dari Aira adalah “Bunda, gunungnya ketutupan pohon ya?” padahal pohon merupakan salah satu penyusun gunung. Hehe

Indera penciuman yang kemudian terlatih adalah Aira mengetahui aroma daun teh segar dan daun teh siap seduh yang ternyata berbeda. Indera pendengaran yang terstimulus pada saat wisata adalah Aira jadi tahu hal baru bahwa ternyata angin ada suaranya.

See also  Worksheet Matematika untuk Anak TK