7 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga pastinya tidak terlepas oleh manajemen waktu yang super padat. Ya, karena kita tidak lagi mengurusi di sendiri. Tetapi juga suami, anak, lingkungan/bertetangga, dan tentu bakti kita sebagai anak sekaligus menantu. Namun, semoga pilihan kita sebagai ibu rumah tangga tak lantas mengerdilkan potensi kita. Kita juga berhak bahagia dalam mengaktualisasikan diri. Hal yang kemudian saya pilih adalah membangun blog makarame.com. Yaitu, menyalurkan hobi menulis yang Alhamdulilah juga mendatangkan cuan. Selain kebahagiaan, pada akhirnya saya juga bisa merdeka bsecara finansial. Alias bisa memenuhi keinginan pribadi tanpa menggangu keuangan keluarga. Bagi para bunda yang juga ingin produktif tanpa menggangu waktu utama, bisa coba 7 peluang usaha untuk ibu rumah tangga berikut:

Blogger

Jika bunda suka menulis, maka mengelola sebuah blog bisa menjadi salah satu pilihan. Kelebihan memiliki blog adalah kita bisa mencatat isi pikiran kita tanpa dibatasi karakter. Kita bisa dengan bebas menulis tema apapun dengan lebih leluasa. Blog bisa dimiliki secara gratis ataupun berbayar dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas darimana mendapatkan penghasilan dengan menjadi blogger?

Penghasilan blogger bisa dari berbagai cara, yaitu google adsense atau iklan yang biasa kita dapati saat membuka sebuah website. Kemudian menjual backlink, yaitu kita membuat artikel yang didalamnya terdapat link menuju website klien. Bisa juga membuat ulasan tentang produk/jasa perusahaan. Bahkan kita juga bisa diundang dalam sebuah event untuk membuat ulasan. Dan, masih banyak lagi kesempatan yang akan kita dapatkan saat menjadi blogger. Tertarik untuk mencoba?

See also  Jangan Sampai Keuangan Menjadi Toxic

Content Creator di Media Sosial dan Youtube

Banyak kemudian para bunda memilih untuk membagikan kegiatan sehari-harinya di sosial media atau youtube. Tak jarang pula yang kemudian menjadi influencer atau dikenal khalayak ramai. Sebagai contoh yaitu Kak Grace Melia yang kini dikenal sebagai play therapist. Mengawali sebagai blogger yang menceritakan tentang perjuangannya membesarkan anak pertama yang menderita Congenital Rubella Syndrome yang diakibatkan oleh virus Rubella. Kemudian beliau semakin dikenal sebagai salah satu orang yang berpengaruh dalam mengkampanyekan Rubella. Kini, beliau menjadi salah satu content creator yang mumpuni dalam bidang pengasuhan dan play therapist. Tak jarang, beliau menjadi rujukan para bunda dalam mengasuh buah hati. Ada juga ibu rumah tangga yang sukses menjadi content creator seperti Retno Hening, Damar Wijayanti, Citra Ayu Mustika, dan lain-lain.

Keuntungan finansial sebagai content creator pasti sudah diketahui ya, Bunda. Kita bisa mendapatkan endorsement, pengisi acara online/offline, adsense untuk youtube, dan masih banyak lagi. Waktunya pun bisa kita sesuaikan secara fleksibel. Tertarik untuk mencoba?

Affiliator Jasa/Produk Kekinian

Nah, jika para bunda di sini aktif menulis di blog atau sosial media, saya sarankan mulai mendaftar sebagai affiliator. Dengan menjadi affiliator, kita hanya harus rajin membuat konten yang terhubung pada link sebuah produk/jasa. Bahkan, peluang usaha ini juga cocok untuk para bunda yang hobi belanja online. Mengulas produk yang bunda beli, lalu diarahkan ke link afiliasi produk tersebut. Maka, setiap pembelian dari link afiliasi bunda, maka bunda akan mendapatkan komisi. Hampir semua toko di Tokopedia, shopee, dan Tiktok shop saat ini menyediakan link afiliasi. Selamat mencoba!

Penulis E-Book

Memiliki kemampuan menulis dan kreativitas yang tinggi bisa dituangkan dalam sebuah e-book. Bisa kita mulai dengan tutorial membuat mainan untuk anak misalnya. Menjadi ibu rumah tangga pasti tidak terlepas dengan kegiatan bermain bersama anak. Dengan membuat e-book, maka kegiatan kita juga bisa lebih terdokumentasikan dengan baik. Juga, bisa menjadi bekal kita untuk anak berikutnya. Agar menghasilkan cuan, kita bisa menjualnya di play store, sosial media, blog, dan lain-lain. Menarik bukan?

See also  Jenis-jenis Manajemen Resiko, Calon Manajer Wajib Tahu Nih!

Bunda juga bisa membuat e-book resep rumahan yang simple dan praktis. Atau e-book tentang pengasuhan, menjaga kewarasan menjadi ibu rumah tangga, tips komunikasi efektif dengan pasangan, dan masih banyak lagi. Hobi tersalurkan, cuan didapatkan!

Penulis Novel di Situs Novel Online

Situs novel online seperti wattpad, KBM, dan lainnya bisa menjadi awal yang bagus untuk kita dikenal sebagai penulis fiksi. Menariknya, kita bisa mendapatkan penghasilan dengan cara mengunci bab cerita selanjutnya. Maka, bagi pembaca yang sudah hanyut dalam sebuah cerita, akan membukanya dengan terlebih dahulu membeli poin. Semakin banyak pembaca, maka komisi yang kita dapatkan juga semakin banyak. Bahkan ada salah satu teman penulis yang penghasilannya hingga puluhan juta rupiah. Wow! Tertarik untuk mencoba?

Freelancer di Situs Pencari Jasa

Punya keahlian tetapi tidak ingin terikat pada jam kantor? Daftar ke situs upwork, 99design, fiverr, dan situs penyedia jasa lainnya. Kita bisa mengerjakan kapan pun dan dimana pun. Selain itu, klien kita juga tidak terbatas hanya dari Indonesia tetapi seluruh dunia. Pengalaman kita makin banyak, kemampuan makin terasah, dan cuan makin menggiurkan. Kalau bunda punya keahlian apa?

Agen Pulsa dan PPOB

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang juga dekat dengan kebutuhan sehari-hari tentu saja adalah agen pulsa dan PPOB. PPOB bisa meliputi pembayaran listrik, pajak, PDAM, internet, dan lain-lain. Kita secara pribadi butuh, keluarga butuh, dan tetangga pun juga membutuhkan. Kita bisa mendapatkan harga murah sehingga menghemat pengeluaran. Sekaligus, mendapatkan cuan dari selisih harga yang dijual-belikan. Kita bisa memulai dari grup keluarga, PKK, dan tentu online tanpa dibatasi wilayah.

Dari ketujuh peluang usaha di atas. kira-kira mana yang paling cocok dengan kondisi bunda? Atau malah ada rekomendasi peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang lebih cocok? Ceritakan di kolom komentar ya!

See also  3 Langkah Mudah Sukses Whatsapp Marketing