fbpx

Tips Cari Sewa dan Rumah Dijual di Bali

Bagi Anda yang belum memiliki kelebihan uang untuk membeli rumah sendiri maka Anda bisa cari sewa rumah sebagai alternatifnya. Rumah sewa cocok untuk ditinggali oleh anak kuliahan, atau pekerja kantoran yang belum menikah atau juga keluarga muda. Sembari Anda mengumpulkan uang untuk membeli rumah sendiri maka sementara itu Anda bisa tinggal di rumah sewa.

Namun agar Anda tidak rugi maka dalam cari sewa rumah maka Anda harus berhati-hati dan jangan gegabah. Karena hal itu bisa menimbulkan masalah dan ketidaknyamanan saat Anda tidak berhati-hati dalam cari sewa rumah. Memang ada banyak rumah sewa yang bisa Anda pilih namun tentunya Anda juga harus memikirkannya dengan matang dan jangan gegabah dalam memilihnya.

Jangan sampai saat Anda sudah membayar untuk bulan pertamanya namun ternyata rumah sewa tersebut tidak sesuai dengan bayangan Anda. Maka dari itu tentunya Anda harus teliti sebelum membeli rumah dijual di Bali. Serupa juga dengan konsep dalam membeli suatu barang, bahwa Anda tentunya harus teliti dulu sebelum memutuskan untuk membeli. Ada banyak sumber yang bisa Anda gunakan dalam cari sewa rumah.

Anda bisa bertanya kepada rekan-rekan Anda barangkali ada yang mengetahui tentang rumah sewa yang ada di sekitar, Anda juga bisa membaca dari info di Koran, selain itu ketika Anda sedang bepergian sebaiknya perhatikan, karena biasanya pada rumah yang disewakan akan diberi tanda sehingga orang yang cari sewa rumah lebih mudah menemukannya.

Harga Sewa Sesuai Dana

Anda harus memiliki patokan tentang harga yang bisa Anda tanggung untuk menyewa rumah. Sehingga dengan demikian Anda tidak akan mencari rumah yang lebih mahal dari patokan harga itu. Namun selain itu Anda bisa lebih fleksibel dengan harganya jika Anda berhasil mendapatkan sebuah rumah dengan fasilitas lengkap namun dengan harga yang sedikit lebih mahal dari patokan harga yang Anda tentukan.

Jika memang fasilitasnya lengkap ditambah suasana dan lingkungan yang nyaman  maka dengan menambah sedikit lebih banyak pada patokan harga yang semula Anda tentukan tidak akan menjadikan Anda rugi, bahkan justru Anda bisa lebih untung. Karena belum tentu Anda akan bisa mendapatkan sebuah rumah yang lengkap dan nyaman dengan harga yang masih dalam jangkauan kemampuan Anda pada saat Anda cari sewa rumah. Namun tentunya Anda juga tetap harus bisa membandingkan antara kedua rumah sewa yang berbeda, mana yang lebih murah dan lebih nyaman untuk ditinggali. Jangan hanya mencari satu rumah sewa saja, tapi datanglah ke beberapa tempat.

Tidak Jauh Dari Tempat Kegiatan Anda

Akan lebih baik jika rumah sewa yang Anda dapatkan saat cari sewa rumah lokasinya dekat dengan kampus tempat Anda kuliah atau kantor tempat Anda bekerja. Maka dari itu dengan demikian Anda bisa lebih mudah menjangkau tempat Anda berkegiatan dari rumah sewa itu. Tentunya hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengurangi biaya harian yang bisa Anda tabung untuk membayar biaya sewa rumah itu. Memang biasanya rumah sewa yang dekat dengan kawasan sekolah atau perkantoran memiliki harga yang lebih mahal, ini saatnya melihat kemampuan Anda dalam mendapatkan rumah sewa yang murah meski berada dekat dengan sekolah, kampus atau perkantoran.

Tidak Jauh Dari Tempat Ibadah

Nilai tambah bisa diberikan ke rumah sewa tersebut apabila rumah sewa itu juga tidak jauh dengan rumah ibadah sehingga dengan demikian Anda tidak hanya mudah untuk berkegiatan sehari-harinya namun Anda pun bisa lebih mudah untuk melakukan ibadah Anda setiap saatnya. Dekat dengan rumah ibadah maka keadaan juga bisa lebih aman bagi Anda karena rumah sewa yang dekat dengan rumah ibadah biasanya lingkungannya selalu ramai dan menghindarkan Anda dari tempat yang berbahaya atau keadaan lingkungan yang sepi. Anda pun bisa lebih rajin datang ke rumah ibadah ketika Anda berada dekat dengan rumah ibadah itu.

Lingkungan Tetangga Yang Baik

Pada saat Anda sedang cari sewa rumah maka Anda juga bisa sekalian melihat siapa saja yang tinggal di dekat rumah sewa itu. Apakah ada keluarga yang tinggal dekat dengan Anda atau hanya anak-anak muda yang tinggal di dekat Anda. Memiliki tetangga yang mana saja tentu tidak masalah, namun lihatlah apakah pada saat Anda datang ke rumah sewa itu ada tetangga yang nampaknya ramah pada Anda. Karena tetangga yang baik akan lebih menentukan lingkungan yang baik untuk Anda pula. Apalagi jika Anda akan tinggal bersama dengan pasangan Anda saat berada di rumah sewa itu nanti. Maka tentunya dengan adanya tetangga yang baik bisa membuat Anda bertambah senang dalam tinggal di daerah itu.

Fasilitas Di Dalamnya Baik Dan Mencukupi

Fasilitas paling penting yang biasanya akan diperhatikan pada saat cari sewa rumah adalah kamar mandinya. Apakah kamar mandinya nyaman, apakah airnya bersih dan apakah airnya lancar, adalah deretan pertanyaan yang biasanya akan terlintas di pikiran Anda saat Anda sedang cari sewa rumah. Karena air adalah kebutuhan mendasar bagi Anda, dengan air yang bersih dan selalu lancar tentunya kegiatan Anda dalam membersihkan diri, membersihkan baju dan alat-alat yang Anda miliki akan menjadi lebih baik dan lebih mudah. Jika rumah sewa itu memiliki kualitas air yang buruk tentunya bisa membuat Anda menjadi tidak suka tinggal di sana. Selain itu melihat keadaan rumah secara keseluruhan juga penting, maka dari itu sekali lagi telitilah sebelum Anda menyewa rumah itu.

Lingkungan Aman Dan Bersih

Tidak hanya bagian dalam dari rumah sewa itu saja yang Anda perlu lihat namun lingkungan sekitarnya juga. Anda tentunya bisa mencari tahu dari rekan-rekan Anda sendiri apakah daerah itu memiliki reputasi yang baik, amankah, apakah rawan dengan pencurian dan sebagainya. Dengan mengetahui informasi semacam ini tentunya bisa membantu Anda dalam cari sewa rumah yang aman untuk ditinggali. Lihat juga apakah lingkungan sekitarnya bersih atau tidak. Karena dengan memilih rumah sewa yang lingkungannya kotor maka bisa membuat Anda sering terkena penyakit saat Anda tinggal di rumah itu. Dengan demikian memang perlu sangat hati-hati dalam cari sewa rumah.

 

 


sumber gambar:

https://pixabay.com/id/rumah-real-estat-bangunan-1353389/

Semoga artikelnya bermanfaat ya. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ^.^