3 Langkah Mudah Sukses Whatsapp Marketing -

3 Langkah Mudah Sukses Whatsapp Marketing

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna aplikasi Whatsapp terbanyak di dunia. Data Digital Report 2019 dari We Are Social dan Hootsuite menunjukkan pengguna Whatsapp di Indonesia mencapai 83% dari seluruh pengguna internet. Pengguna internet di Indonesia sendiri mencapai 171 juta sehingga jika dikalkulasikan, maka pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 143 juta.

Dari data pengguna Whatsapp yang dipaparkan di atas, tidak heran jika geliat Whatsapp Marketing semakin berkembang. Adanya aplikasi whatsapp business juga merupakan langkah menjanjikan bagi para pelaku bisnis online. Oleh sebab itu, sudah saatnya kita belajar lebih dalam lagi tentang whatsapp marketing. Agar kita bisa memaksimalkan usaha kita. Setidaknya terdapat 3 langkah mudah yang bisa kita terapkan berikut ini:

1. Lis Broadcast (BC)

Aplikasi whatsapp menyediakan fitur BC untuk memudahkan kita mengirim pesan ke banyak orang dalam sekali klik, yaitu sebanyak 256 kontak. Namun, pastikan teman-teman tidak melakukan spam. Jangan terlalu sering untuk menghindari pemblokiran. Teman-teman bisa mencoba pola 3x dalam sebulan, misalnya menawarkan promo pada awal, tengah, dan akhir bulan. Tetap lakukan evaluasi untuk mengukur seberapa efektif BC-nya.

2. Interaksi

Seperti halnya media sosial, pastikan whatsapp kita hidup dengan interaksi yang baik pada kontak yang kita simpan. Kita bisa membuat jadwal komen status daftar kontak kita agar kontak kita sadar bahwa kita ada di kontak mereka. Dan, jika kita sering mengomentari status mereka, maka akan terjalin hubungan yang akrab dan kepercayaan kepada kita. Sehingga saat kita menawarkan sesuatu, bisa memangkas keraguan pada mereka. Pun mereka juga dengan senang hati merekomendasikan produk kita. Karena ada ikatan pertemanan yang baik.

3. Status

READ  8 Rahasia Besar Agar Presentasi Memukau

Membuat status juga memiliki seni tersendiri. Bukan melulu posting produk dagangan, tetapi juga membuat status yang mengundang interaksi dan ketertarikan. Teman-teman bisa membuat status tentang kisah unik yang dialami, behind the scene produksi atau pengemasan produk, berita viral, dan lain-lain. Sesekali disisipi posting produk tentunya.

Lalu, hal yang penting diperhatikan, coba membuat status dengan jumlah yang ideal bukan membuat status yang terlalu banyak hingga tidak terlihat garisnya. Tujuannya, agar terlihat semuanya oleh kontak kita. Tidak bosan karena terlalu panjang. Kadang, kita suka kepencet next tetapi sebenarnya masih ingin melihat status sebelumnya bukan? Dan, saat mau kembali ke status sebelumnya harus menyelesaikan status yang ada. Jika terlalu panjang, maka akan sangat melelahkan dan akhirnya malas untuk meneruskan. Menurut beberapa orang, jumlah status yang ideal adalah 6-9 status. Jika ingin membuat status baru, bisa dihapus terlebih dahulu.

Bagaimana makfrens, apakah sudah rutin 3 langkah di atas dilakukan? Coba lakukan dengan konsisten selama satu bulan dan lihat perubahannya. Pastikan berusaha untuk menambah kontak setiap hari ya. Bisa dengan aktif di sosial media dan marketplace. Boleh juga lho yang mau saling simpan nomer sama makmin (klik di sini). Hehe

Selamat mencoba dan ditunggu sumbang sarannya ya! Makmin juga masih harus banyak belajar.

Views: (75)