fbpx

7 Eduvacation Argotelo Salatiga yang Wajib Dicoba Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga menjadi rutinitas menarik tersendiri. Setiap anggota keluarga hendaknya meluangkan waktu untuk berkumpul bersama untuk mempererat hubungan, saling memahami karakter, hadir untuk mendengarkan keluh kesah, dan bisa juga sebagai ajang membangun kekompakan. Selain itu, kegiatan berkumpul bersama keluarga juga bisa diisi dengan kegiatan yang sarat akan edukasi yang menyenangkan. Salah satunya mencoba Eduvacation Argotelo di Salatiga. Kegiatan eduvacation di Argotelo Salatiga cocok untuk segala usia. Jadi, tidak akan membuat anggota keluarga menjadi bosan. Penasaran kegiatan eduvacation apa saja yang ada di Argotelo Salatiga? Yuk, simak ulasan berikut:

Salatiga memiliki ikon wisata baru yaitu Kampung Singkong Salatiga yang diresmikan pada tanggal 30 September 2021 oleh Menteri Pertanian RI Sahrul Yasin Limpo. Kampung Singkong Salatiga terletak di Kampung Ngaglik, Kelurahan Ledok, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Terdapat 38 UMKM yang mengolah singkong menjadi berbagai varian olahan seperti gethuk kethek, singkong keju, combro, dan lain sebagainya. Salah satu UMKM yang menarik untuk dikunjungi adalah Agrotelo yang tidak hanya menyajikan aneka olahan singkong, namun juga menyediakan paket wisata edukasi yang sangat menarik. Terdapat setidaknya 7 kegiatan edukasi yang bisa kita ikuti bersama anggota keluarga. Selain kenyang dengan kulinernya, kita pun bisa belajar cara menanam singkong yang benar, mengolahnya, bermain games seru untuk membangun kekompakan, jalan-jalan menggunakan kereta kelinci keliling kampung, bermain ikan di sungai, hingga belajar bisnis bersama dengan pemiliknya langsung!

Konten Pembahasan

Sendratari Buto Cakil dan Petani Palawija

Pada zaman penjajahan Belanda, beras merupakan bahan pokok yang tidak boleh dikonsumsi oleh penduduk pribumi. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhannya bangsa pribumi menanam singkong dan menjadikan singkong sebagai makanan pokoknya. Selain menjadi makanan pokok, waktu itu singkong menjadi alat komunikasi bangsa pribumi dalam perdagangan dengan diselipkan sebuah surat di bawahnya.

Seiring berjalannya waktu, mengetahui singkong menjadi salah satu bahan yang berpotensi untuk diproduksi, oleh karena itu Buto Cakil/ bangsa penjajah ingin merebut singkong. Dan terjadilah perebutan singkong antara petani dan Buto Cakil, dimana singkong juga dijadikan senjata perang dan untuk mengumpulkan para petani, kentongan pun menjadi alat komunikasi pada masanya.

Fun Cooking Class

Kelas belajar memasak yang menyenangkan ini bisa dilakukan oleh segala usia. Dilakukan bersama dengan keluarga, teman sekelas, kantor, dan grup lainnya akan membuat hubungan semakin hangat.

Edukasi Pengolahan Singkong Keju

Serunya wisata edukasi di Argotelo ini adalah mereka melakukan open kitchen alias tidak ada rahasia dalam pengolahan singkong keju mereka. Jadi, tidak hanya anak-anak yang cocok mengikuti acara ini tetapi juga orang dewasa yang mungkin ingin berbisnis yang sama. Owner Argotelo Pak Toni dan Bu Cita menyebutnya sebagai sociopreneur bahwa peluang bisa saja diambil semua orang. Dengan prinsip rejeki sudah ada yang mengatur, maka mereka mengajari pun dengan tulus dan pelajaran menyeluruh.

Cassava Farming

Menanam batang singkong, mencabut hasil buminya, hingga mengolah singkong terdapat ilmu tersendiri. Di Argotelo kita bisa belajar ilmu yang benar langsung di kebunnya.

Garden Tea and Snack Time

Natural Fish Feeding dan Menikmati Alam Salatiga dengan Kereta Kelinci

Menikmati segarnya sumber mata air Senjoyo dengan pengalaman baru memberi makan ikan secara langsung akan membantu kita semakin mencintai alam dan senantiasa berusaha menjaganya. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menikmati keindahan alam Salatiga agar siapa pun yang mengikutinya akan rindu untuk kembali lagi.

Outbound and Playing

Seru-seruan bersama teman atau keluarga menjadi kegiatan favorit dalam sebuah wisata edukasi. Di sini kita bisa melatih kemampuan kerja sama, koordinasi, kekompakan, dan tentu kenangan tak terlupakan.

Bagaimana dengan keseruan wisata edukasi di Argotelo Salatiga ini? Pasti seru dan membuat penasaran ya! Waktu yang tepat liburan sekolah saat ini untuk mengajak anggota keluarga berkunjung menikmati makanan jaman dulu yang diolah kekinian sekaligus mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tak terlupakan.

Views: (85)