Membangun & Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dalam Berkomunitas Bagi Ibu Rumah Tangga

Setiap orang diciptakan dengan karakternya masing-masing. Ada yang terlahir dengan karakter yang penuh dengan kepercayaan diri meskipun di lingkungan baru dan mampu menjaga suatu hubungan dengan baik. Bahkan dikenal sebagai pemersatu kelompok alias orang yang mampu menghidupkan suasana. Namun, ada pula orang yang berkecil hati untuk hadir atau sekedar menampakkan dirinya dalam sebuah lingkungan baru. Tak terkecuali dalam sebuah komunitas. Padahal, ada banyak manfaat jika kita bergabung dalam sebuah komunitas yang tepat. Tapi, tidak semua orang bisa dengan mudah memutuskan untuk berkomunitas dengan berbagai alasan. Salah satunya tidak percaya diri atau rendah diri. Nah, bagaimana cara kita membangun dan menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkomunitas dalam rangka mengembangkan potensi diri? Simak penuturan dari teman-teman Kampung Komunitas Ibu Profesional kali ini yuk! Siapa tahu, kamu bisa menemukan jawabannya di sini!

Sebelum masuk ke materi, mari simak puisi Aku Wanita karya Ihdiyani Maghfiroh Agus dari Pekanbaru yang akan membangkitkan semangat kita bahwa kita berharga. Kita diciptakan, dilahirkan, dan dihidupkan dengan keistimewaan masing-masing. Bukan tugas kita menyamai atau melampaui orang lain. Tugas kita adalah menjadi versi terbaik dari diri kita dan memberikan manfaat sebanyak-banyaknya dari apa yang kita bisa atau punya.

Aku Wanita

Kamu cantik, memang seperti itu dilahirkan
tapi dunia bilang kamu jelek dan kamu pun percaya

Kamu hebat, memiliki kemampuan, memang seperti itu kamu dilahirkan
tapi lagi, dunia bilang kamu lemah tak bisa punya apa-apa dan kamu pun percaya

Kamu Indah, sempurna, memang seperti itu kamu dilahirkan
tapi dengan keras dunia bilang kamu buruk tak berharga

Hei Wanita
Sedang apa kamu disana?
Mengapa kamu diam?
Terdiam, termenung, tatapan nanar
Melangkahlah, lanjutkan perjalanan

Hei Wanita
Mengapa kamu diam menangis?
Tersedu, tergugu
Ayo beranjak pegang tanganku
Kita akan mencari dunia yang indah
Dunia yang bisa membuat kita bahagia dengan diri kita sendiri

Hidupkan cahayamu
Jika jalannya gelap, berjalan perlahan

Jika kau rasa masih sulit melihat jalan di depan
Yakini hatimu jika dunia Indah itu ada
Di dunia yang percaya bahwa kamu cantik, kamu hebat, kamu berdaya, kamu Indah, kamu sempurna
dengan segala yang ada dirimu

Tersenyumlah, kita melangkah bersama

Bagaimana perasaan teman-teman setelah membaca bait puisi di atas? Apakah semakin menumbuhkan rasa percaya diri teman-teman? Jika belum, maka ada tips dari Neysa Lianda seorang Penyiar Radio dan Trainer Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Broadcasting yang mungkin bisa membuatmu lebih percaya diri.

See also  Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah

Berani Memperkenalkan Diri Terlebih Dahulu

Memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada orang lain yang baru kita temui saat kita baru saja bergabung di komunitas memang menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, saat kita berani memperkenalkan diri itu artinya kita akan terlihat lebih membuka diri oleh anggota yang lain. Saat kita terlihat lebih welcome, maka kita akan lebih banyak mendapatkan teman baru. Memiliki teman baru di komunitas tentunya akan memudahkan kita untuk membangun kepercayaan diri. Satu hal yang perlu kita tanamkan saat kita ragu untuk memulai memperkenalkan diri terlebih dahulu, yakini bahwa setiap orang yang berkomunitas adalah orang yang terbuka untuk berteman dengan siapa saja. Jadi, tidak perlu ragu dan malu untuk mengawali berkenalan.

Jangan Malu Bertanya

Keragu-raguan seseorang dalam bertanya bisa jadi berasal dari kehawatiran-kekhawatiran pelabelan yang tidak pas. Misalnya, dianggap tidak berwawasan. Namun, sebenarnya kita tidak perlu takut untuk bertanya setelah memastikan kita betul-betul tidak paham akan suatu hal. Bisa diawali dengan prolog bahwa kita sudah mencari tahu dari berbagai sumber, tetapi tetap tidak paham, maka orang yang kita tanya pun Insya Allah akan lebih memahami ketidak-tahuan kita.

Buktikan Bahwa Kita Layak Diterima

Menjadi percaya diri berawal dari sebuah penerimaan oleh komunitas. Maka, salah satu usaha kita adalah membuktikan bahwa diri kita layak diterima. Dengan apa? Dengan cara menjalankan peran kita sebaik-baiknya. Peran kita di komunitas yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang, menjaga tutur kata, menjaga perilaku kita, dan mau belajar nilai-nilai yang ada di komunitas.

Jika dari ketiga tips di atas teman-teman masih merasa kurang percaya diri, coba yuk kita ambil langkah yang lebih dalam lagi melalui 3 cara berikut:

See also  HOAX..! Baju Adat Cina di Uang 75.000, Faktanya dari Tidung

Identifikasi Penyebab untuk Mendapatkan Solusi yang Tepat

Permasalahan yang menyebabkan orang rendah bisa jadi berbeda sehingga memiliki solusi yang berbeda pula. Awali dengan jujur terhadap diri sendiri, sebenarnya apa sih yang membuat kita tidak percaya diri? Setelah kita temukan akar pemasalahannya, kita coba cari solusi. Jangan malu untu meminta bantuan solusi dari support system kita ya!

Minta ke Allah SWT dan Pantaskan Diri Agar Permintaan Itu Layak untuk Dikabulkan

Segala kepribadian kita terbentuk atas izin Allah SWT, maka segala sesuatunya kita kembalikan ke Allah SWT. Kita boleh berdoa meminta ditumbuhkan rasa percaya diri dengan tujuan yang tentunya baik agar layak untuk dikabulkan.

Lakukan Dialog untuk Memotivasi Diri Sendiri

Yup! Kita bisa berlatih untuk pecaya diri dengan memotivasi diri sendiri di depan cermin misalnya. Dahulu, saya berlatih presentasi penelitian pun di depan cermin. Mencoba melihat apa yang harus diperbaiki agar pembawaannya bisa diterima dengan baik. Dan, berlatih itu tidak akan membohongi hasil. Saat kita sering berlatih menumbuhkan kepercayaan diri, maka Insya Allah kepercayaan diri kita akan terbentuk saat kita bertemu dengan orang lain. Kalau kamu bagaimana cara memotivasi diri untuk menumbuhkan kepercayaan diri? Diskusi yuk di kolom komentar!

Views: (251)